capsa susun

Pedoman Komplet Main Capsa Susun

Capsa Susun merupakan permainan kartu yang mencoba kebolehan pemain saat membuat 13 kartu jadi gabungan terunggul. Di permainan ini, kartu akan dipisah jadi tiga baris formasi, dan tiap-tiap baris punyai peraturan spesifik. Tersebut merupakan pedoman komplet main Capsa Susun.

Peraturan Dasar Capsa Susun

1. Tiap-tiap pemain akan terima 13 kartu dari tumpukan kartu domino.

2. Pekerjaan pemain merupakan membuat ke-13 kartu ini jadi tiga formasi baris. Formasi amat bawah mesti punyai gabungan nilai kartu bertambah tinggi ketimbang formasi tengah, dan formasi tengah mesti punyai gabungan nilai kartu yang semakin lebih tinggi ketimbang formasi paling atas.

Gabungan Kartu Capsa Susun

Tersebut merupakan gabungan kartu Capsa Susun dari yang paling tinggi sampai yang sangat rendah:

1. Royal Straight Flush: Formasi kartu paling tinggi dengan angka berurut mulai dengan 10 sampai Ace (A) dengan kembang yang sejenis (contoh: 10♠ – J♠ – Q♠ – K♠ – A♠).

2. Straight Flush: Lima kartu berurut dengan kembang yang mirip, tiada menyaksikan angka awal mula (contoh: 5♥ – 6♥ – 7♥ – 8♥ – 9♥).

3. Four of a Kind: Empat kartu dengan nilai yang mirip, ditambah lagi satu kartu bebas. Kalau terjadi laga Four of a Kind, juara diputuskan oleh nilai kartu paling besar dalam gabungan itu.

4. Full House: Gabungan kartu Pair (dua kartu dengan nilai yang mirip) dan Three of a Kind (tiga kartu dengan nilai yang mirip). Posisi gabungan diputuskan oleh nilai Three of a Kind-nya.

5. Flush: Lima kartu dengan kembang yang mirip, tak mesti berurut. Juara diputuskan oleh type kembang paling tinggi.

6. Straight: Lima kartu dengan angka berurut, tak mesti punyai type kembang yang mirip. Juara diputuskan oleh nilai kartu paling tinggi dalam gabungan.

7. Three of a Kind: Tiga kartu dengan nilai yang mirip, dan dua kartu random.

8. Ganda Pair: Dua pasang kartu kembar, ditambah lagi satu kartu random. Kalau ada dua pemain dengan Ganda Pair yang mirip, juara diputuskan menurut pasangan yang semakin lebih besar, lantas type kembangnya.

9. Pair: Dua kartu dengan nilai yang mirip. Pair As merupakan Pair paling tinggi. Kalau dua pemain punyai Pair yang mirip, juara diputuskan oleh type kembang paling tinggi.

Hitungan Kartu

Hitungan kartu dijalankan waktu saat yang diputuskan habis. Tersebut merupakan hitungan point dalam Capsa Susun:

  • Tiap-tiap formasi baris (bawah, tengah, atas) akan memberinya 1 point.
  • Ada macam-macam hitungan “barang” tersendiri, seperti Threes atas (5 poin), Full House tengah (3 poin), Four of a Kind bawah (7 poin), dll.
  • Point untuk tiap-tiap type “barang” akan tidak serupa.

Tidak hanya itu, terdapat sejumlah kondisi privat, seperti “Menembus” (juara head to head dari semuanya pemain lain setiap baris), “Menembus Keliling” (juara head to head dari semuanya pemain lain di seluruh baris), dan “PAO” (kekeliruan saat letakkan formasi kartu). Seluruh kondisi ini punyai hitungan point spesifik.

Contoh Kejadian

Umpamanya, pada suatu meja terdapat empat pemain (A, B, C, dan D) dengan taruhan 100 rupiah.

  • Di baris pertama, A punyai Full House J dan 3, B punyai Flush Hati, C punyai Straight 9, dan D punyai Pair of As.
  • Hasilnya: A menjadi pemenang seluruh head to head pada baris pertama dan mendapati 300 perak, B menang dengan C dan D dan mendapati 100 perak, C kalah atas A dan B agar kehilangan 100 perak, dan D kalah atas A, B, dan C agar kehilangan 300 perak.

Dengan pengetahuan peraturan, gabungan kartu, dan hitungan point dalam Capsa Susun, Anda siap untuk main dan beradu dengan pemain lain. Selamat main!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *